Launching Sukarto.com Versi 1

Saya sudah meregistrasi domain Sukarto.com sejak tahun 2004 dan selama ini tidak pernah saya sempatkan untuk dibuat. Tetapi akhirnya saatnya tiba juga bagi saya untuk meluncurkan personal site dan go public đŸ™‚

Alasannya tidak saja untuk bisa sharing pengalaman dan wawasan yang bermanfaat buat orang banyak, tetapi juga bisa menjadi semacam dokumentasi perjalanan hidup sehingga dapat dibaca oleh anak saya nantinya saat sudah dewasa.

Selain itu, sudah menjadi hukum wajib bagi pebisnis online untuk memiliki website pribadi yang bisa menjadi chanell untuk personal voicenya. Punya blog atau website pribadi sudah seperti era dot com tahun 1997 – 2000 dimana punya email adalah hukum wajib dari setiap orang.

Awalnya saya mau mengisi blog ini dengan bahasa inggris dan saya sudah tulis 2 post sebenarnya dalam bahasa Inggris hari Jumat lalu. Tetapi kemarin saya pikir-pikir, saya lebih nyaman menulis dalam bahasa indonesia, ya sudah bahasa indonesia saja deh đŸ™‚

Saya mulai membuat website Sukarto.com, tiga hari lalu dengan menggunakan wordpress yang merupakan CMS paling top saat ini. Hal yang paling lama adalah memutuskan theme yang ingin saya gunakan. Saya tidak ingin menggunakan theme yang biasa saya gunakan.

sukartocom-versi1Setelah setengah hari melihat sana sini, akhirnya pilihan jatuh pada The Morning After theme. Theme ini sebenarnya adalah magazine type theme dimana tampilannya dibuat tidak seperti blog pada umumnya tetapi lebih seperti majalah online.

Ini adalah magazine theme pertama yang saya gunakan. Tetapi setelah saya coba 1-2 hari sepertinya agak terlalu ribet bagi saya untuk menggunakan fasilitas canggih dari theme ini seperti Featured dan Asides post. Akhirnya saya rubah theme ini sehingga tidak seperti aslinya dan lebih simple yang tampilannya ya seperti sekarang ini.

Saya belum selesai mengutak-atik theme ini. Saya masih ingin menambahkan beberapa komponen seperti picture gallery saya di Flickr, Subscribe Email Alert untuk Post baru, advertising dan hal lainnya. Berkat wordpress, total waktu untuk buat website ini plus nulis beberapa post (ini yang makan waktu paling lama) cuma memakan waktu 3-4 hari saja!

Gak terbayang buat website seperti ini jaman tahun 2000-an akan butuh berapa lama. Saya ingat pada jaman itu, saya dan tim pernah membuat sebuah portal wedding yang memakan waktu 2 bulan lebih pembuatannya dengan 2 orang programmer. Padahal saat ini jika portal wedding tersebut dibuat menggunakan wordpress, paling cuma habis waktu 1-2 minggu dan cukup 1 orang saja. It’s amazing how technology is changing rapidly!

Silakan beri komentar dan masukan terhadap website saya ini agar dapat semakin berkembang. Terimakasih!!

Sukarto Sudjono
 

I'm an Online Business Coach, Trainer and Blogger. I help people start and build an online business that match their passion and talent. By doing that, I fulfill my life's purpose: To Inspire and Guide People to Living a Successful, Meaningful and Happy Life. I write, share and publish my works thru these websites : BelajarBisnisInternet.com and Sukarto.com.