2

Cara Baca Artikel dari Banyak Blog dengan Cepat dan Efisien (RSS Reader)

Pada jaman informasi seperti sekarang ini, seorang pebisnis ataupun professional di bidangnya dituntut untuk terus meng-update pengetahuan dan memperluas wawasannya. Jika tidak, sangatlah mudah untuk ketinggalan ilmu atau informasi.

Apalagi jika Anda berkecimpung di bisnis atau industri yang berhubungan dengan teknologi, seperti saya,  perubahan yang terjadi malah lebih cepat. Strategi dan ide-ide baru terus bermunculan dengan cepat sehingga kita dituntut untuk lebih meng-update dan mengetahui perkembangan terbaru.

Intinya sikap senang belajar, ingin tahu atau mempelajari hal baru (dengan membaca, mendengar audio, melihat video dll) adalah sesuatu yang WAJIB di jaman sekarang.

Saya percaya sekali bahwa orang yang jarang atau tidak mau belajar hal baru akan ketinggalan di jaman sekarang ini.

Oleh sebab itu, jika Anda adalah orangtua, sangatlah penting untuk mengajari anak-anak Anda untuk memiliki sikap ini. Mereka akan lebih unggul dibanding anak-anak yang tidak terbiasa untuk belajar hal baru melalui membaca, mendengar atau melihat.

Nah kalau di salah satu artikel yang saya tulis sebelumnya, saya ada menjelaskan bagaimana memanfaatkan waktu yang tidak produktif seperti macet, menunggu dll dengan belajar melalui audio, maka kali ini saya akan menjelaskan cara pembelajaran dengan membaca.

Memang salah satu sumber informasi dan pengetahuan yang menarik buat saya selain mendengarkan audio adalah dengan membaca blog di topik-topik yang menarik buat saya.

Jika Anda baru pertama kali ini mendengar istilah blog, jangan bingung, blog sebenarnya juga adalah sebuah website. Cuma biasanya kalau namanya blog, biasanya website tersebut rutin diisi  konten oleh si pemilik blog. Tapi kalau website biasa, misal, website sebuah company, biasanya isinya tetap sama, jarang diupdate.

Saya biasa tertarik untuk membaca blog di topik-topik seperti:

  • Internet marketing dan bisnis online.
  • Technology di internet, gadget terbaru dan sejenisnya.
  • Personal development terutama yang berhubungan dengan productivity, mindset dan sejenisnya.
  • Topik lain-lain seperti travelling, entrepreneurship dan lain-lain.

blogArtikel yang ditulis di blog seringkali berisi informasi, sharing pengetahuan dan pengalaman pemilik blog di bidangnya masing-masing.

Jadi misal blog tentang produktifitas, ya seringkali pemilik blog menulis bagaimana pengalamannya untuk menjadi lebih produktif, lebih bisa mengatur waktu dll.

Blog tentang online marketing, dari sana saya jadi tahu apa strategi yang berjalan sekarang, apa yang tidak berjalan.

Blog tentang travelling, dari sini saya jadi dapat inspirasi untuk melakukan perjalanan keliling dunia selama 1 tahun bersama keluarga he..he.. 🙂

Jadi dari membaca banyak blog di topik-topik yang saya sebutkan diatas, saya jadi belajar banyak.  Tidak mungkin kita mau mempelajari semuanya sendiri (habis waktu untuk trial and error) sehingga mengetahui sharing pengalaman orang lain seringkali adalah sebuah shortcut.

Artikel-artikel di blog biasanya tidak terlalu panjang (600 s/d 1500 kata) dan to the point sehingga jelas, mudah dan cukup cepat untuk diselesaikan dibanding sebuah buku tebal. Hal ini jadi menarik terutama bagi yang kurang suka membaca 🙂

Memang tentu saja, saya pilih-pilih blog yang ingin saya baca secara rutin. Ada banyak sekali blog di internet, jutaan bahkan puluhan juta.

too-many-blog

Tentu saja ada blog yang bagus, dan tentu saja lebih banyak lagi blog yang tidak bagus he..he.. karena asal njiplak konten orang lain, ada yang cuma sekedar diisi dengan banyak artikel agar blog nya bisa dipasang iklan dll. Bukan blog seperti ini yang saya mau ikuti.

Saya mengikuti blog yang benar-benar berisi konten yang berkualitas dan pemilik blog memang punya passion untuk berbagi dan artikel ditulis dengan bagus sehingga enak dibaca seperti Sukarto.com ini ha..ha… tolong jangan muntah-muntah 🙂

Tetapi sudah dipilih-pilih pun, kadang masih ada 20-30 blog yang saya ingin tahu update atau baca artikel-artikel terbarunya. Bagaimana caranya ya untuk tahu blog mana yang ada publish artikel/update terbaru?

Apakah saya harus membuka masing-masing dari 20-30 blog tersebut setiap hari, untuk melihat apakah ada artikel baru atau tidak?

Wah ini problem besar nih…. 🙁

Kalau caranya seperti itu, jelas sangat tidak efisien, menghabiskan waktu dan ruwet ya. Walaupun Anda bookmark setiap website tersebut, malas juga ya, tiap hari harus buka masing-masing hanya untuk tahu apakah ada artikel/update baru atau tidak.

Nah untunglah ada sebuah mekanisme yang sudah diciptakan sejak 1999 (jaman awal-awal internet berkembang) yang merupakan solusi yang sangat bagus agar bisa membaca banyak artikel di banyak blog dengan cepat dan efisien. Itulah yang ingin saya sharingkan di artikel ini.

Apa namanya? Namanya adalah RSS.

Apa itu RSS?

bigrssRSS itu singkatannya adalah Really Simple Syndication. Biasanya logo RSS adalah seperti di samping ini. Mungkin Anda pernah lihat logo seperti itu di sebuah website/blog. Selama ini mungkin Anda tidak tahu itu sebenarnya apa sih.

Ada sebuah video animasi yang cukup bagus untuk menjelaskan apa itu RSS. Anda bisa melihatnya di video berikut ini :

 
Jadi secara sederhana, RSS bisa dijelaskan sebagai sebuah cara untuk membaca artikel dari sebuah blog, tanpa mengunjungi blog itu sendiri.

Lho kok bisa?

Iya memang bisa karena dirancang seperti itu sehingga daripada Anda mengunjungi 20 blog satu per satu, yang mana menghabiskan waktu dan koneksi internet Anda, itupun Anda bisa jadi kecewa karena ternyata belum tentu ada artikel baru di blog tersebut.

Dengan menggunakan RSS ini, Anda jadi bisa lihat dan membaca di satu tempat semua artikel terbaru (ataupun yang lama) dari semua blog yang ingin Anda ikuti (istilahnya blog yang Anda subscribe/langganan).

Menarik kan? 🙂

Itulah yang saya gunakan sejak beberapa tahun lalu untuk bisa membaca konten/artikel dari blog-blog yang ingin saya ikuti.

Bagaimana Cara Menggunakan RSS Ini?

Jadi yang Anda perlu lakukan cuma melakukan dua hal jika mau menggunakan RSS ini yaitu:

STEP 1: Menentukan RSS Reader yang mau Anda gunakan.

Jadi inilah tempat Anda bisa mengakses dan membaca semua blog yang ingin Anda ikuti. RSS Reader ada banyak sekali.

Ada yang web based (jadi aksesnya via browser saja), ada yang berupa software yang perlu diinstall di PC/Mac atau di smartphone/tablet. Ada yang gratis, ada yang berbayar.

Dulu yang terkenal adalah Google Reader yang sempat saya pakai beberapa tahun, tapi sayangnya Google memutuskan untuk tidak melanjutkan service ini per Juli 2013.

Jadi akhirnya saya mencari-cari apa alternatifnya dan pilihan terbaik dan akhirnya pilihan jatuh pada Feedly. Feedly tersedia dalam versi web based dan juga ada aplikasi untuk di iPhone/iPad/Android (ada opsi untuk berbayarnya juga). Ini screenshot Feedly yang web based milik saya.

feedly1

Jadi saya membaca semua blog yang ingin saya ikuti (sekitar  30-an) melalui Feedly, kebanyakan memang melalui aplikasi Feedly di iPad saat saya lagi senggang.

Sekali lagi, ada banyak pilihan RSS Reader, baik di smartphone ataupun komputer. Anda tidak harus pakai yang saya rekomendasikan.

STEP 2: Subscribe atau Langganan ke Blog yang Ingin Anda Ikuti

Setelah Anda memiliki RSS Reader, yang perlu Anda lakukan berikutnya adalah memberitahu RSS Reader yang Anda gunakan tentang blog-blog yang Anda mau ikuti. Istilahnya blog yang mau Anda subscribe/langganan.

Kalau di Feedly, Anda tinggal klik Add Content dan isikan alamat blog yang ingin Anda subscribe (misal: sukarto.com he..he..) seperti yang tampak di screenshot Feedly Web di bawah ini.

feedly2

 

Setelah Anda memasukkan semua blog/website yang ingin Anda ikuti, Feedly akan dengan cerdas mengambil 10 artikel terakhir dari masing-masing blog tersebut.

Anda bisa langsung membacanya, lalu jika dirasa penting bisa diarsip ke Evernote/Pocket. Anda juga bisa men-share ke Facebook/Twitter dan lain-lain melalui Feedly.

Feedly termasuk RSS Reader yang cerdas sehingga tahu artikel mana yang sudah Anda baca, mana yang belum. Jadi yang ditampilkan biasanya yang belum dibaca saja.

Jadi misal ada 20 artikel, Anda baru baca 10 artikel di Feedly Web, saat Anda masuk ke Feedly di smartphone/tablet Anda, otomatis dia tahu Anda sudah baca 10 artikel yang mana dan cuma menampilkan 10 artikel yang belum dibaca. Keren kan?? 🙂

Jadi inilah cara yang saya gunakan sehingga saya bisa mengikuti hampir 30-an blog yang penting dan menarik buat saya dengan cara yang cepat.

Tentu tidak semua artikel saya baca, saya kadang cuma melihat headline dan deskripsi pendek yang tampak, kalau tidak menarik, saya tandai sudah dibaca.

Kadang saya menemukan artikel yang panjang dan menarik nih, tapi belum sempat saya baca langsung, maka saya Saved for Later yang merupakan fasilitas di Feedly sehingga nanti saya bisa baca saat sudah ada waktu.

Artikel-artikel yang bagus yang bisa menjadi sumber referensi di kemudian hari, saya simpan di Evernote yang merupakan Digital Brain saya. Saya ceritakan di artikel lain saja soal apa itu Evernote dan cara pakainya 🙂

Kesimpulan

Salah satu cara yang cepat untuk meng-update pengetahuan dan wawasan Anda tentang suatu topik adalah membaca blog-blog yang berkualitas di industri/topik tersebut.

Terus terang, saya jadi belajar dan tahu BANYAK SEKALI dari artikel-artikel di blog yang saya ikuti. Saya jadi tahu perkembangan, trend, strategi dan masih banyak lagi yang sedang terjadi di industri atau topik yang saya minati. Kadang saya jadi tahu cara travelling yang menarik dari sebuah blog travelling yang saya ikuti.

Memang kebanyakan blog yang aktif dan berkualitas yang saya ikuti adalah blog bahasa inggris, karena memang agak sulit menemukan yang benar-benar bagus untuk audiens Indonesia. Saya memutuskan untuk membuat Sukarto.com ini menjadi salah satunya 🙂 Mohon dukungannya ya…

Nah solusi atau cara yang paling efektif dan menghemat waktu untuk membaca/mengikuti banyak blog adalah menggunakan RSS. Yang perlu Anda lakukan adalah :

1) Menentukan RSS Reader yang ingin Anda gunakan. Saya menggunakan Feedly yang ada versi web dan Apps di Apple IOS dan Android.

2) Memasukkan blog-blog yang ingin Anda ikuti (istilahnya subscribe/langganan) ke RSS Reader yang Anda gunakan.

Itu saja!

Sekarang tinggal, saat Anda punya waktu untuk membaca, Anda tinggal akses ke RSS Reader Anda (Feedly kalau dalam kasus saya) maka Anda akan bisa melihat semua artikel dari blog-blog yang Anda subscribe/langganan, dan akan tampak mana yang sudah Anda baca, mana yang belum dibaca. Cepat dan efisien!

Semoga sharing ini bermanfaat bagi Anda!

Jika Anda ingin saya menulis lebih banyak artikel-artikel tentang cara menggunakan teknologi untuk membuat hidup Anda lebih efektif dan efisien, tolong beritahu saya via komentar ya…

Salam Sukses dan Bahagia,

Sukarto Sudjono

Saat artikel ini Anda rasa bermanfaat, silakan share melalui tombol Social Media yang disediakan agar lebih banyak orang mendapat manfaatnya. 

Anda juga bisa meninggalkan komentar atau pertanyaan di bawah ini. Saya berusaha membaca komentar dan menjawab setiap pertanyaan yang masuk.

Sukarto Sudjono
 

I'm an Online Business Coach, Trainer and Blogger. I help people start and build an online business that match their passion and talent. By doing that, I fulfill my life's purpose: To Inspire and Guide People to Living a Successful, Meaningful and Happy Life. I write, share and publish my works thru these websites : BelajarBisnisInternet.com and Sukarto.com.

  • Riki Yohanes

    Artikel yang sangat membantu, dengan cara ini saya akan selalu update tentang informasi terbaru baik itu internet marketing atau hal berita penting lainnya (jaman sekarang sudah terlalu banyak berita soalnya, hehe.. klo gak update nt dibilang kuper)

    Semoga website yg sedang saya bangun http://rikiyohanes.com ini juga bisa menjadi salah satu blog yang berkualitas ya

    Thanks pak Suk 🙂

    • Sip, mantaps nih blog baru nya he..he.. Thx sama-sama Riki.