4

5 Sebab Mengapa Anda Perlu Menyenangi Pekerjaan Anda (Rahasia Warren Buffet dan Steve Jobs)

Apa kesamaan dari dua orang yang sangat sukses dan sangat kaya ini ?

Yang pertama, Warren Buffet, adalah salah satu investor saham paling kaya dan paling terkenal (sempat bertahun-tahun jadi orang terkaya di dunia) dimana filosofi dan cara dia berinvestasi dipelajari oleh hampir semua orang yang terjun ke pasar saham.

Yang kedua, Steve Jobs (Alm), seperti yang Anda ketahui adalah pendiri Apple Company yang telah membuat Apple menjadi salah satu perusahaan paling berharga di dunia karena deretan produk mega best sellernya seperti iPhone, iPad, Macbook dan lain-lain.

Mereka mungkin berasal dari dua industri yang sangat berbeda, tetapi ada 1 kesamaan yang menurut saya merupakan ‘rahasia sukses’ mereka. Kita bisa tahu dan mempelajari ‘rahasia’ mereka ini karena mereka berdua sering menjelaskannya ke publik.

Apa rahasia dan kesamaan dari dua orang hebat ini?

Tidak lain tidak bukan adalah Mereka Berdua Sangat Mencintai Pekerjaan Mereka seperti yang tampak dari quotes atau kutipan dari dua orang hebat ini :

Quotes dari Warren Buffet :

warren-buffet-quotes
Bisa melakukan hal yang Anda cintai setiap hari adalah sebuah kemewahan tertinggi. Khususnya ketika Anda bisa melakukannya dengan orang-orang yang hebat di sekitar Anda.

I am really no different than you. I may have more money than you do, but money doesn’t make the difference…

If there is any difference between you and me, it may simply be that I get up every day and have a chance to do what I love to do, every day.

If you want to learn anything from me, this is the best advice I can give you.”

Terjemahannya kurang lebih sebagai berikut:

Saya tidak banyak berbeda dengan Anda. Saya mungkin punya lebih banyak uang daripada Anda, tetapi uang tidak membuat perbedaan..
 
Jika ada yang berbeda antara Anda dan saya, itu adalah saya bangun setiap hari dan mempunyai kesempatan untuk melakukan pekerjaan yang saya cintai, setiap hari.
 
Jika Anda ingin belajar dari saya, inilah nasehat terbaik yang bisa saya berikan pada Anda

Quotes dari Steve Jobs

Berikut adalah kata-kata sambutan Steve Jobs pada lulusan Stanford University :

Sometimes life will hit you in the head with a brick. Don’t lose faith. I’m convinced that the only thing that kept me going was that I loved what I did. You’ve got to find what you love. This is true for work, as it is for your lovers. 
 
Your work is going to fill a large part of your life, and the only way to be truly satisfied is to do what you believe is great work; and the only way to do great work is to love what you do.

Terjemahannya kurang lebih sebagai berikut:

Kadang-kadang hidup akan memukul kepala Anda dengan batu, tapi jangan hilang kepercayaan. Saya yakin bahwa satu-satunya yang membuat saya terus bangkit adalah karena saya mencintai apa yang saya lakukan. Anda benar-benar harus menemukan apa yang Anda cintai, baik itu di pekerjaan ataupun di kehidupan cinta Anda.
 
Pekerjaan Anda akan mengambil porsi besar dari kehidupan Anda dan satu-satunya cara untuk bisa meraih kepuasaan adalah dengan melakukan pekerjaan Anda dengan Hebat, dan itu hanya bisa dicapai jika Anda mencintai apa yang Anda lakukan.

Wow! Saat saya membaca untuk pertama kalinya dua quotes dari dua orang hebat (yang juga idola saya) yang juga merupakan orang-orang terkaya di dunia, saya sampai merinding.

Mereka berdua tidak menasehati orang untuk terjun di bidang atau pekerjaan atau bisnis yang menghasilkan paling banyak uang, tetapi keduanya sama-sama menyarankan kita bekerja di pekerjaan, karir atau bisnis yang kita cintai.

Mungkin Anda bertanya-tanya, WHY? Kenapa bekerja di bidang yang Anda cintai adalah hal penting?

Dari pengalaman saya pribadi, riset dan banyak membaca, saya menemukan ada 5 sebab utama mengapa penting untuk menemukan pekerjaan, karir atau bidang yang Anda cintai.

Paling tidak ada 5 sebab dan manfaat yang bisa Anda dapatkan saat Anda melakukan pekerjaan, karir atau bisnis yang Anda senangi/cintai.

1. Anda akan lebih bahagia dan lebih menikmati hari-hari Anda

Bagi sebagian besar orang, waktu bekerja akan memakan waktu rata-rata 8 jam sehari atau separo dari waktu Anda bangun. Jadi jika Anda mengerjakan pekerjaan/karir/bisnis yang Anda benci, tentu sengsara ya, menjalani 8 jam tiap hari dengan perasaan tidak menyenangkan.

Sebaliknya saat Anda menjalani pekerjaan/karir/bisnis yang Anda senangi, 8 jam sehari tidak terasa seperti kerja tetapi Anda merasa sedang mengerjakan sesuatu yang mengasyikkan. Anda tidak sabar berangkat kerja, setiap hari adalah hari-hari yang menyenangkan.

Pilih mana? 🙂

2. Anda akan punya semangat dan energi lebih untuk berupaya menjadi lebih baik atau lebih hebat di pekerjaan Anda.

Di jaman sekarang yang penuh perubahan, tidak ada pekerjaan/karir atau bisnis yang statis atau tidak berubah. Apapun bidangnya, Anda dituntut untuk terus meningkatkan keahlian, ketrampilan ataupun pengetahuan dengan misalkan ikut pelatihan tertentu, membaca buku/artikel, ikut seminar/conference dan lain-lain.

Hal ini tentu sangatlah enggan Anda lakukan jika Anda sedang menjalankan pekerjaan/karir/bisnis yang Anda tidak sukai. Bagi Anda kerja 8 jam sehari sudah siksaan, bagaimana mungkin Anda mau menginvestasikan waktu bahkan uang untuk belajar meningkatkan diri di luar jam kerja Anda?

Berbeda sekali saat Anda sedang menjalankan pekerjaan/karir/bisnis yang Anda senangi. Anda akan punya semangat dan energi lebih untuk semakin baik dan semakin menjadi expert/jago di bidang Anda. Mengikuti pelatihan, sertifikasi, conference, baca buku dll akan Anda lakukan dengan senang hati.

3. Anda akan lebih mudah membuat Karya Hebat atau Kesuksesan Besar.

Seperti yang disebutkan oleh Alm. Steve Jobs, satu-satunya cara untuk menghasilkan Karya Hebat atau Kesuksesan Besar adalah Anda perlu mencintai pekerjaan atau bidang yang Anda kerjakan. Karena hanya dengan begitulah, Anda akan rela untuk berlembur-lembur dan menghabiskan banyak waktu untuk menghasilkan karya hebat Anda.

4. Anda akan lebih mudah untuk memiliki tekad dan kemampuan dalam mengatasi kesulitan atan tantangan yang ada.

Tidak bisa dipungkiri bahwa di setiap pekerjaan/karir/bisnis yang Anda jalani, pasti suatu ketika Anda akan mengalami tantangan atau kesulitan. Saat bidang yang Anda jalani adalah sesuatu yang Anda senangi, biasanya Anda akan lebih punya tekad, kreatifitas dan kemampuan untuk mengatasi berbagai kesulitan atau tantangan yang ada.

Sebaliknya orang yang membenci pekerjaan/karir/bisnis yang dia jalani, saat menghadapi tantangan atau kesulitan, seringkali lebih mudah menyerah atau seringkali jadinya menyalahkan orang/pihak lain sebagai penyebab kesulitan yang dialami.

5. Anda akan lebih merasa hidup Anda berarti atau bermakna.

Saat Anda menjalani pekerjaan/karir/bidang bisnis yang Anda senangi, akan lebih mudah merasakan hidup Anda berarti atau bermakna. Anda merasa sedang menjalani kehidupan yang memang menjadi takdir Anda. Anda menjalani hidup Anda dengan suka cita.

Itulah 5 alasan dan manfaat yang Anda dapatkan saat Anda menjalani pekerjaan/karir/bisnis yang Anda senangi/cintai. Seperti apakah orang yang sedang menjalani pekerjaan atau karir yang dia cintai? Anda ingin tahu?

Saya akan menunjukkannya dalam bentuk video. Saat pertama kali saya melihatnya, saya bisa merasakan bahwa mereka ini sedang menjalani karir yang sangat mereka cintai.  Lihatlah bagaimana mereka begitu fun dan enjoy di video ini. Anda bisa melihat 5 point yang saya jelaskan diatas di video ini. Tidaklah heran kalau mereka jadi begitu sukses (tiket konsernya selalu sold out).

 
Bagaimana? Keren ya? 🙂

Lihatlah video-video lain dari The Piano Guys ini. Semua video dan musik mereka sangat indah. Energi, antusias dan semangat mereka tampak sekali dalam  karya-karya mereka.

Tetapi sebelum Anda terlalu excited atau bersemangat dengan apa yang saya jelaskan di artikel ini, saya harus jujur dan berterus-terang bahwa tidaklah mudah untuk menemukan pekerjaan, karir atau bisnis yang Anda senangi/cintai sekaligus bisa memberikan kompensasi/reward sehingga Anda bisa hidup dari pekerjaan/karir tersebut.

Perjalanan hidup saya sendiri menunjukkan bahwa saya butuh lebih dari 14 tahun sejak lulus kuliah, dari bekerja sebagai karyawan, mencoba beberapa usaha dan karir, sebelum akhirnya menemukan bisnis dan karir yang saya cintai dan menghasilkan income besar dari situ.

Sehingga saya sering bilang pada orang-orang yang pada usia muda sudah berhasil menemukan bisnis, karir atau pekerjaan yang dia cintai dan menghasilkan uang yang besar dari situ sebagai orang yang sangat beruntung.

Saya tidak seberuntung itu, tetapi bukankah lebih baik terlambat daripada seumur hidup melakukan pekerjaan/karir/bisnis yang Anda benci dan menghasilkan income yang kecil, betul tidak? 🙂

Untuk bisa menemukan pekerjaan/karir/bisnis yang Anda senangi dan menghasilkan income besar dari situ memang memerlukan introspeksi diri dan mau mencoba banyak hal baru.

Saat Anda banyak mencoba berbagai macam pekerjaan/karir/bisnis, Anda akan bisa merasakan mana yang suka dan mana yang tidak Anda suka. Lihat apa benang merahnya dan tarik kesimpulan Anda sendiri.

Tapi batasi juga berapa lama waktu yang Anda berikan untuk mencoba sebuah pekerjaan/karir/bisnis baru. Jangan sampai Anda menjalankan dan struggle di sebuah pekerjaan/karir/bisnis selama 10 tahun! Anda akan kehabisan waktu!

Biasanya (tentu tidak ada ukuran pasti tentang hal ini) setelah 1 tahun, Anda sudah tahu kok, apakah Anda menyenangi bidang tersebut, apakah Anda mau melanjutkannya atau tidak dan apakah Anda memang bisa menghasilkan uang dari situ untuk penghidupan Anda.

Ok, sekarang giliran Anda, apa pekerjaan/karir/bidang bisnis yang Anda cintai dan sukai, tolong share di bawah ini ya, sehingga  bisa menginspirasi dan memberikan ide-ide buat teman-teman pembaca lainnya.

Terimakasih.

Salam Sukses dan Bahagia,

Sukarto Sudjono

Saat artikel ini Anda rasa bermanfaat, silakan share melalui tombol Social Media yang disediakan agar lebih banyak orang mendapat manfaatnya. 

Anda juga bisa meninggalkan komentar atau pertanyaan di bawah ini. Saya berusaha membaca komentar dan menjawab setiap pertanyaan yang masuk.

Sukarto Sudjono
 

I'm an Online Business Coach, Trainer and Blogger. I help people start and build an online business that match their passion and talent. By doing that, I fulfill my life's purpose: To Inspire and Guide People to Living a Successful, Meaningful and Happy Life. I write, share and publish my works thru these websites : BelajarBisnisInternet.com and Sukarto.com.

  • Bagus pak Sukarto bahasannya, seumur hidup saya baru paham setelah baca artikel ini.
    Saya sudah coba renungkan dan tulis, ternyata benar, bersyukur itu memberi energi sepanjang hari, kalau saya berdoa pagi dan bersyukur saya merasa tenang dan enjoy, tidak kuatir menjalani hidup sehari, sukacita selalu sehari itu, beda halnya kalau lupa berdoa dan bersyukur di pagi hari, banyak kedatangan tamu masalah, berat rasanya jalani hidup. Thanks pak Sukarto, I like You.

    • Bagus Andray kalau dah mulai praktekkan, sering-sering pusatkan pikiran ke rasa bersyukur. Perasaan nyaman itu yang penting agar Andray lebih tenang, rileks dan lebih clear pandangannya ttg apa yg harus dilakukan.

      Semoga makin hari makin berkembang ke arah positif ya Andray… You Can Make It Happen !

  • rendraprihandono

    Saya suka menjadi guru dan trainer, tapi saya tidak mendapatkan penghargaan finansial yg bisa membuat saya nyaman. Apalagi saya skrg sudah 42 tahun dan anak-anak saya mulai beranjak dewasa. Any idea, Pak Sukarto? (btw, saya dulu downline-nya Pak Adi Gunawan lho):-)

    • Oooh Rendra, wah salam ketemu lagi nih 🙂 Saya sebenarnya agak lupa nama Anda, tapi search di google dah nongol foto Rendra jadi langsung ingat he..he..

      Tahu apa passion kita adalah tahap pertama, tahap kedua adalah menemukan cara untuk mendeliver value dari apa yg menjadi passion kita ke orang banyak dan mereka merasakan value yang kita buat.

      Saya lagi merancang sebuah program untuk membantu orang-orang yang punya skill, knowledge dan expertise di suatu bidang agar bisa menjualnya ke orang banyak. Nantikan ya informasinya, silakan subscribe ke email newsletter di sukarto.com ya biar tahu update nya terus.

      Jangan menyerah Rendra, There is greatness in you… You just have to make everything click. Wish you all the best!