25

7 Hal yang Saya Syukuri Saat Ultah ke 42

Hari ini saya ulang tahun ke 42 (yepppiie 🙂 ) Masih masuk kategori umur pemuda menurut kategori umur WHO yang terbaru 🙂

Terlepas saya masuk kategori umur yang mana, saya sendiri merasa masih muda dan tampak masih muda 🙂 Ini menurut teman-teman dan banyak alumni BBI he..he..

Saya setuju dengan pendapat seseorang bahwa umur itu sesuatu yang relatif, yang penting bagaimana spirit dan energi Anda. Orang bisa saja umur 25 tahun tapi kalau pikirannya ruwet, stress dan energinya rendah, bisa jadi seperti orang sudah 50an, setuju gak? 🙂

Nah salah satu yang saya biasa lakukan saat berulang-tahun adalah merefleksi diri dan menuliskan hal-hal yang saya syukuri dalam kehidupan ini. Biasanya saya cuma menuliskannya dalam jurnal pribadi saya, tetapi karena di ulang-tahun kali ini saya juga Grand Launching SUKARTO.COM maka hari ini saya menuliskan hal-hal yang saya syukuri di blog pribadi Sukarto.com ini.

Siapa tahu hal ini bisa menginspirasi dan memberikan manfaat bagi banyak orang. Bukankah itu hadiah terbaik yang bisa saya berikan pada dunia? 🙂

Kenapa Perlu Bersyukur?

I-am-grateful-forBagi sebagian besar orang, bersyukur (atau grateful dalam Bahasa Inggris) bukanlah sesuatu yang sering dilakukan secara rutin.

Malah ini sebuah kata yang cukup asing bagi banyak orang. Saya sendiri terus terang sampai umur 30-an,  juga tidak terlalu tahu tentang makna bersyukur dan saya tidak pernah melakukannya.

Saya tentu pernah membacanya di buku, tetapi saya tidak menangkap esensi-nya sehingga tidak pernah tertarik untuk melakukannya.

Saya sibuk memikirkan apa yang ingin saya raih (goal) dan impian-impian yang belum tercapai. Saya sibuk dengan kesuksesan yang telah diraih oleh banyak orang lain, tetapi belum saya raih (perasaan saya saat itu).

Jadi bersyukur bukanlah sesuatu yang saya terpikir untuk lakukan. Saya merasa kalau orang sudah meraih kesuksesan dan impian-impiannya, barulah bisa bersyukur. Betapa dangkalnya pemikiran saya saat itu he..he.. 🙂

Sampai akhirnya kehidupan memberikan sebuah ‘pelajaran keras’ bagi saya dalam bentuk kegagalan bisnis dan kebangkrutan total sehingga saya stress berat, hopeless / tanpa harapan dan kehilangan kepercayaan diri.

Saat di kondisi seperti itulah, saat mencari banyak inspirasi untuk bangkit kembali, saya menemukan makna dan manfaat sesungguhnya dari bersyukur.

Saya sudah lupa dari mana asalnya pemikiran berikut ini, apa dari buku, video atau artikel yang saya baca, tetapi akhirnya saya jadi memiliki pengertian ini. Kata-kata persis sudah lupa, tetapi saya ingat intinya yaitu:

Untuk Sukses, Anda perlu fokus dan semangat untuk meraih hal-hal yang belum Anda miliki.

Untuk Bahagia, Anda cuma perlu mensyukuri hal-hal yang telah Anda miliki.

Pilihlah Bahagia terlebih dahulu maka Kesuksesan juga akan Anda raih.

Semua orang mau bahagia dan sampai titik itu, saya selalu berpikir bahwa bahagia hanya bisa dicapai saat Anda sudah meraih apapun yang Anda inginkan (dasar anak muda yang naif he..he..)

Saat itu saya jelas tidak bahagia. Saya cukup kaget diingatkan bahwa untuk bahagia sebetulnya resepnya cukup sesederhana itu yaitu mensyukuri hal-hal yang telah Anda miliki. Dan kata-kata berikutnya “Pilihlah bahagia terlebih dahulu, maka kesuksesan juga akan Anda raih

Kok bisa ya??? Saya bingung dengan kalimat itu…

Tetapi karena saat itu saya memang dalam proses untuk bangkit, saya terbuka dengan segala hal yang bisa membantu saya untuk bangkit. Saya menelusuri lebih jauh tentang konsep ini dan saya menemukan insight-insight yang menarik yang ingin saya sharingkan disini.

Setiap pikiran ternyata memiliki energi, bahkan memancarkan energi. Anda sedang marah, sedih, bahagia, senang dll, itu semua ada energinya.

Itu sebabnya Anda kadang bisa merasakan perasaan tidak enak saat masuk ke ruangan yang penuh dengan orang yang marah atau sedih, padahal Anda tidak mendengar perbincangan sebelumnya. Dan kadang Anda jadi ikut larut dalam suasana penuh kemarahan dan kesedihan.

Sebaliknya saat Anda berkumpul dengan orang yang happy, senang dan antusias, Anda jadi merasa ikut happy, senang dan antusias. Itu sebabnya biasanya kita senang kumpul dengan orang yang seperti ini, karena kita jadi ketularan 🙂 Oleh sebab itu saya pribadi biasanya agak menjaga jarak dengan orang yang saya tahu penuh dengan pikiran negatif, karena ibarat virus, saya tidak mau kena virus negatif.

Nah saya menemukan dari pembelajaran saya bahwa ternyata:

 Perasaan bahagia dan bersyukur memiliki gelombang energi yang paling tinggi dari semua emosi positif lainnya. 

Saya jadi mulai mengerti hubungan antara orang yang bahagia, akan lebih mudah meraih kesuksesan. Orang yang penuh rasa syukur juga akan lebih maju dalam kehidupannya.

Saat Anda memancarkan energi yang bagus seperti happy, penuh rasa syukur dan penuh kasih, ibarat Anda itu jadi magnet bagi hal-hal yang bagus.

Sebaliknya saat Anda memancarkan energi negatif seperti kemarahan, kesedihan, iri hati, penyesalan dll maka Anda malah jadi magnet bagi hal-hal yang jelek.

Begitu saya menyadari hal tersebut, saya langsung Sold Out dengan ide bahwa saya perlu lebih banyak bersyukur dengan hal-hal yang telah saya miliki di kehidupan ini.

Tapi, Apa yang Bisa Saya Syukuri?

Nah tapi saat itu, saya juga bingung apa yang bisa saya syukuri?

Saya kehilangan semua modal yang saya miliki, bahkan minus karena masih ada hutang banyak di bank. Saya tidak punya bisnis atau pekerjaan yang menghasilkan. Mobil sudah dijual untuk menghidupi keluarga. Anak masih kecil dan saya bingung, apa yang harus saya kerjakan. Terus terang cukup sulit untuk bersyukur saat kondisi seperti itu.

Tetapi berkat petunjuk dari salah satu buku, saya mulai memikirkan apa yang masih saya miliki, dari hal-hal kecil. Saya lalu menulis:

  • Saya masih punya orangtua (mama) dan saudara-saudara kandung yang mendukung dan percaya dengan saya, bahkan membantu saya jika diperlukan.
  • Saya masih memiliki istri dan anak yang mencintai saya.
  • Saya dan keluarga masih tinggal di sebuah rumah, terlindung dari panas dan hujan, walaupun sertifikatnya jadi jaminan di bank 🙂
  • Saya masih punya satu mobil lama sebagai alat transportasi.
  • Saya masih punya teman-teman yang baik dan mendukung saya bahkan mungkin akan membantu jika saya minta tolong.
  • Saya  masih punya sedikit cash yang bisa saya gunakan untuk merintis usaha yang tidak membutuhkan modal besar.
  • Saya masih punya keahlian, pengalaman dan pengetahuan tentang bisnis, teknologi, web development dan lainnya.
  • Saya masih punya banyak buku yang bisa saya pelajari untuk meningkatkan diri saya.

Semakin saya menulis hal-hal yang saya bisa syukuri, semakin banyak hal-hal yang bisa saya tulis seperti:

  • Saya bersyukur dalam kondisi sehat dan punya anggota badan yang lengkap sehingga bisa bekerja apapun yang saya inginkan.
  • Saya bersyukur masih bisa makan dan memberi kehidupan dan perlindungan pada istri dan anak saya.
  • Saya bersyukur memiliki istri dan anak yang sehat dan lucu sehingga memberikan suasana ceria saat bermain dengan anak saya.
  • Dan masih banyak lagi.

Akhirnya saya bisa menuliskan banyak sekali dan setelah selesai menuliskannya, saya jauh lebih merasa bahagia daripada sebelum menuliskannya. Amazing ya 🙂

Saya jadi lebih rileks, lebih tenang dan lebih tidak stress dalam menghadapi situasi sulit yang sedang saya hadapi saat itu. Dan itu semua mendukung dalam membuat perubahan sedikit demi sedikit terhadap kehidupan saya dan keluarga hingga saat ini semakin banyak yang bisa saya syukuri dalam kehidupan ini.

Amazing, kalau dipikir-pikir semua itu dimulai dari mulai bisa bersyukur dan merasa bahagia dengan kondisi apapun yang Anda hadapi saat ini.

GRATITUDE

Apa yang Saya Syukuri Saat Ini?

Seiring dengan waktu, semakin banyak hal-hal yang saya syukuri dalam kehidupan saya. Untuk ulang tahun di tahun 2015 ini saya akan menuliskannya 7 yang paling penting berikut ini.

1. Memiliki Mama yang Sehat, Mendukung dan Sayang dengan Saya

Memiliki orangtua yang baik , sayang dan mendukung kita adalah sebuah berkat yang tiada-taranya.  Saya telah melihat begitu banyak anak yang tumbuh kacau karena faktor orangtua. Tetapi walaupun memiliki orangtua yang kurang baik, jasa mereka terlalu besar bagi kita  sebagai anak sehingga membalas jasa pada orangtua adalah sebuah kewajiban penting.

Saya bersyukur bisa dengan mudah untuk bercakap-cakap dan ngobrol tentang berbagai hal dengan mama saya melalui telpon. Tidak semua orangtua dan anak memiliki hubungan seperti ini.

Saya bersyukur mama saya masih sehat sampai saat ini sehingga masih bisa saya ajak jalan-jalan, baik ke luar negeri maupun ke dalam negeri seperti beberapa bulan lalu, Trans Jawa 🙂

2. Memiliki Istri dan Anak yang Saya Cintai dan Mencintai Saya

Saat Anda sudah berkeluarga, Anda akan mengerti bahwa memiliki keluarga yang bisa Anda cintai tanpa syarat dan mencintai Anda pula adalah sebuah kebahagiaan besar.

Saya bersyukur istri saya tetap percaya dan mendukung saya saat kondisi keuangan keluarga terpuruk. Hal ini memberi saya motivasi untuk bangkit secepatnya.

Saya bersyukur memiliki anak yang begitu menyenangkan untuk diajak ngobrol, bermain dan makan bareng. Pelajaran terbesar dalam kehidupan saya dapatkan saat saya belajar jadi orangtua. Terimakasih buat anak saya karena telah memberikan kesempatan berharga ini.

3. Memiliki Saudara yang Baik, Percaya dan Mendukung Saya

Saya memiliki 3 saudara kandung dan dari sisi istri ada 2 saudara kandung. Mereka semua adalah saudara-saudara paling baik yang bisa Anda miliki. Saya bersyukur bisa memiliki hubungan saudara dengan mereka semua.

4. Memiliki Tubuh yang Sehat dan Penuh Energi

Beberapa tahun yang lalu, saya dalam kondisi dimana tubuh saya penuh masalah. Saya overweight 20 kg lebih dari seharusnya. Cepat capek. Telat makan bisa gemetar. Hasil cek lab sungguh membuat shock.

Dari situ, saya mengambil keputusan untuk hidup lebih sehat dengan menurunkan berat badan, makan lebih sehat, olahraga teratur dan lain-lain.

Sejak tahun lalu berat badan saya sudah mendekati yang seharusnya dan tahun ini semakin hari semakin langsing (kata teman-teman dan peserta training he..he..).

Kondisi tubuh sudah jauh lebih sehat, energi tubuh saya jauh lebih baik daripada dulu dan olahraga menjadi sahabat dan rutinitas yang menyenangkan. Setiap minggu bisa 4-5 hari olahraga.

Dulu saya renang paling cuma bisa 25 meter, sekarang 200 meter tanpa berhenti tidak ada masalah. Dulu gak mungkin berani  tanding renang dengan istri, sekarang kalau tanding renang malah bisa menang he..he.. (apa dia ngalah kali ya). Kami sekeluarga juga rutin hash atau on-on atau hiking ke daerah perbukitan untuk jalan sehat.

Saya bersyukur mengambil keputusan untuk menjadi lebih sehat dua tahun lalu dan sangat bersyukur dengan kondisi tubuh yang saya miliki saat ini.

5. Memiliki dan Menjalani Karir dan Bisnis yang Saya Cintai

Seperti kata-kata dari Warren Buffet bahwa sungguh beruntung orang yang bisa setiap hari menjalani karir atau bisnis yang dia sukai dan menghasilkan income besar dari situ.

Saya ada menjelaskan hal ini cukup panjang lebar di artikel “5 Sebab Mengapa Anda Perlu Menyenangi Pekerjaan Anda (Rahasia Warren Buffet dan Steve Jobs)

Ya, saya merasa sungguh beruntung dan bersyukur  akhirnya bisa membangun dan menjalani karir dan bisnis yang menggabungkan dua hal yang sangat saya cintai yaitu : Mengajar dan Teknologi.

Memang butuh lebih dari 10 tahun bagi saya untuk menemukan posisi saya di dunia ini. Saya jadi memiliki kesempatan untuk mengajar sesuatu yang saya senangi yaitu tentang internet, bisnis, marketing dan psikologis. Saya juga sangat happy jadi bisa berkontribusi untuk mengubah kehidupan banyak orang menjadi lebih baik. Sesuatu yang sangat penting bagi diri saya.

Setiap hari saya bersyukur karena menjalani dan melakukan hal-hal yang orang lain mungkin melihatnya sebagai pekerjaan, tetapi saya melihatnya sebagai sesuatu yang mengasyikkan (It’s not Work, Man!! he..he.. )

6. Memiliki Teman-Teman dan Lingkungan yang Positif, Antusias dan Mau Maju

Karena sering mengadakan training-training melalui BelajarBisnisInternet.com, saya jadi ketemu banyak teman-teman baru, anak muda yang hebat-hebat. Saya sungguh bersyukur jadi memiliki lingkungan yang positif, antusias dan punya semangat maju yang besar.

Orang-orang muda yang hebat-hebat seperti David Pranata, Ronny Setiawan, Hans Richardo, Rudy Hermawan, Steven Chang, Iphin Cow, Riki Yohanes, Johan Edison, Veli Sungono, Benny Ho dan masih banyak lagi yang tidak bisa disebut satu per satu. Saya jadi tambah muda karena gaulnya dengan banyak orang muda sih 🙂

Saya juga bersyukur masih tetap bisa terus berkomunikasi dengan teman lama berupa diskusi dan bertukar pikiran seperti  Joe Hartanto & Wei-wei (penulis banyak buku laris di bidang property investment dan financial freedom), Ariesandi dan lain-lain.

Saya bersyukur dengan semua teman-teman dan lingkungan positif ini. Memiliki teman-teman seperti ini adalah sesuatu yang sangat saya syukuri. Saya merasa kaya dan makmur hanya dari memiliki banyak teman-teman seperti mereka.

7. Memiliki dan Menikmati Kebebasan

Saya pernah kerja full-time di perusahaan selama 4 tahun lebih, lalu membangun bisnis sendiri bertahun-tahun dimana saya terikat untuk hadir jam 8 pagi dan pulang sore bahkan malam. Saya tidak menikmati masa-masa itu.

Tetapi semenjak saya membangun bisnis online dan internet beberapa tahun ini, saya bersyukur bisa memiliki dan menikmati kebebasan yang tidak banyak bisa menikmatinya.

Saya tidak perlu ke kantor jam 8 pagi dan pulang sore jam 5 sehingga saya bisa antar anak saya ke sekolah, bisa baca buku saat saya ingin baca buku, bisa kerja jam berapapun saya mau, bisa makan siang dengan istri bahkan kadang nonton bioskop di siang hari, saat banyak orang sedang bekerja 🙂 Sore masih bisa jemput anak dari sekolah, antar anak ke les lalu bersama keluarga bisa olahraga bareng di Sport Center.

Memang saya belum mencapai kebebasan keuangan dan waktu sepenuhnya seperti yang saya impikan tetapi merasakan kebebasan seperti ini sudah seperti impian saya sejak lama. Bahkan bisa travelling sambil monitor bisnis kami seperti yang saya tuliskan di artikel “Nikmatnya Bisnis yang Memberikan Kebebasan“.

Saya sangat bersyukur atas hal ini dan berharap semakin banyak orang bisa menjalaninya karena sungguh asyik dan keren he..he.. 🙂

Ya itulah 7 hal utama yang saya syukuri saat ini. Sekarang, kalau berkenan, giliran Anda untuk menuliskan hal-hal yang Anda syukuri di bagian komentar di bawah artikel ini.

Semoga sharing pengalaman dan pembelajaran ini bisa menjadi sebuah hadiah yang berguna untuk Anda saat saya berulang-tahun ke 42 hari ini. Terimakasih juga atas semua ucapan ulang-tahunnya. I really appreciate it 🙂

Praktekkan untuk Sering Bersyukur karena saya yakin akan bermanfaat bagi kehidupan Anda. Anda bisa jadi menjadi lebih bahagia, lebih menghargai apa yang telah Anda miliki dan tentu akan bisa mendukung Anda untuk meraih kesuksesan yang lebih besar.

Salam Sukses dan Bahagia,

Sukarto Sudjono

Saat artikel ini Anda rasa bermanfaat, silakan share melalui tombol Social Media yang disediakan agar lebih banyak orang mendapat manfaatnya. 

Anda juga bisa meninggalkan komentar atau pertanyaan di bawah ini. Saya berusaha membaca komentar dan menjawab setiap pertanyaan yang masuk.

Sukarto Sudjono
 

I'm an Online Business Coach, Trainer and Blogger. I help people start and build an online business that match their passion and talent. By doing that, I fulfill my life's purpose: To Inspire and Guide People to Living a Successful, Meaningful and Happy Life. I write, share and publish my works thru these websites : BelajarBisnisInternet.com and Sukarto.com.

Top