About

sukarto-photoHalo, Saya Sukarto Sudjono, senang berjumpa dengan Anda melalui website Sukarto.com ini.

Di website ini Anda bisa membaca berbagai artikel, mendengar audio ataupun melihat video yang dapat membantu Anda memiliki kehidupan yang lebih  sukses, bermakna dan bahagia.

Selama hampir 20 tahun ini, saya sudah tidak bisa menghitung berapa banyak buku (jumlahnya ribuan) dan berapa banyak seminar serta training pengembangan diri, bisnis dan marketing yang saya ikuti baik di dalam maupun di luar negeri.

Di Sukarto.com inilah saya ingin berbagi hasil pembelajaran selama lebih dari 20 tahun di bidang pengembangan diri, bisnis dan marketing serta pengalaman nyata dari berbagai kesuksesan maupun kegagalan yang saya alami sendiri ataupun orang-orang lain.

Harapan saya, website Sukarto.com yang awal mulanya saya bangun untuk menjadikannya sebagai sebuah warisan atau legacy dari kehidupan saya ini, bisa membantu banyak orang agar bisa memiliki kehidupan yang Sukses, Bermakna dan Bahagia (tiga hal yang menurut saya dicari oleh semua orang di dunia ini).

Ada ungkapan “Tak Kenal Maka Tak Sayang” sehingga saya berasumsi dengan mengunjungi halaman About ini, Anda ingin mengenal lebih jauh tentang diri saya, yang memang akan saya ceritakan di halaman ini.

Tapi setelah Anda tahu tentang saya, giliran Anda berikutnya yang memperkenalkan diri karena saya juga ingin mengenal pembaca atau pengunjung website ini lebih dekat. Jadi nanti silakan perkenalkan diri Anda di bagian komentar ya… (di bagian bawah halaman ini)

Ok, giliran saya dulu ya…

Siapa Saya

Saya adalah seorang suami dari 1 istri (syukurlah he..he..) dan ayah dari seorang putra. Ini salah satu foto bersama saat sedang travelling yang merupakan hobi utama keluarga kami :)

Foto Bersama keluarga di Seoul
Latar belakang pendidikan saya di Information Technology. Sempat kerja full time sekitar 4 tahun di perusahaan software hingga dipercaya jadi Project Manager dari berbagai proyek bernilai puluhan milyar.

Tetapi darah saya adalah darah Entrepreneur, saya selalu tahu saya akan jadi pengusaha, bukan jadi karyawan terus. Jadi sejak kuliah pun, saya sudah membangun usaha sendiri.

Saya pernah membangun bisnis MLM atau Network Marketing saat kuliah hingga punya organisasi lebih dari 800 orang, saya ada membangun perusahaan Website Developement saat internet baru mulai dikenal sekitar tahun 1998, pernah memulai bisnis mobile content (ringtone dll), terjun ke bisnis property development dan apa lagi ya? he..he.. :)

Kesuksesan dan kegagalan semua pernah saya alami dalam menjalani berbagai usaha tersebut. Tetapi akhirnya saya terpikat atau kesengsem (bahasa Jawa) dengan bisnis online / internet marketing dan telah menekuninya sejak akhir 2007 hingga sekarang ini.

Saat ini saya sering dipanggil “Pakar Bisnis di Internet” atau “Master” dan sejenisnya . Terus terang saya agak risih kalau mendengar panggilan tersebut karena menurut saya pribadi, saya juga masih belajar setiap hari di industri ini. Sehingga saya lebih suka disebut sebagai Online Business Coach atau mentor/pelatih di bidang bisnis online dan online marketing.

Saya memang banyak berkecimpung dalam pemasaran di internet dan memiliki beragam sumber income dari internet. Ada toko online yang menjual produk fisik, menjual produk digital, menjualkan produk orang lain sebagai affiliate, membantu beberapa partner bisnis & klien dalam memasarkan produknya di internet dan lain-lain.

Meskipun saya sudah banyak sekali memasarkan produk fisik, digital dan jasa selama 5 tahun terakhir secara online, tetapi talenta dan passion saya sebenarnya adalah Mengajar dan Membimbing Orang Lain.

Sehingga saat ini mayoritas waktu saya lebih banyak berperan sebagai seorang Infopreneur atau seseorang yang bisnisnya adalah informasi (Information Business). Anda bisa membaca lebih detil tentang apa itu infopreneur di artikel yang pernah saya tulis yaitu “Apa itu Infopreneur atau Infopreneurship?

Kenapa saya menjadi seorang Infopreneur?

Banyak peserta training bilang saya kalau mengajar atau menjelaskan sesuatu itu bagus karena jelas, terstruktur dan detil. Mereka juga bilang bahwa saya itu telaten (maksudnya bukan suka telat ya he..he..), sabar dan tulus kalau mengajar. Saya kalau mendengar hal tersebut biasa sambil pegang kepala saya agar tidak terlalu membesar he..he.. :)

Sejak kecil, saya ingat saya telah memiliki passion atau hasrat untuk mengajar. Saya ingat saya sering menjelaskan pelajaran yang telah saya kuasai kepada teman yang belum mengerti. Cita-cita saya saat masih SD adalah menjadi seorang guru :) Jadi saya memang selalu senang untuk sharing, mengajar dan membimbing orang lain.

Oleh sebab itu saat saya kuliah, saya sempat menjalani beberapa tahun menjadi guru privat dan asisten dosen. Dan akhirnya sempat juga jadi Dosen Tamu di sebuah universitas bisnis terkenal di Surabaya selama 2,5 tahun.

Lalu untuk lebih menyalurkan passion dan talenta mengajar yang saya miliki, sekitar akhir 2008, saya memulai BelajarBisnisInternet.com (atau lebih sering dikenal dengan BBI) sebagai wadah dan sarana bagi saya untuk mengajar dan membimbing orang yang mau memulai bisnis di internet dengan cara dan mindset yang benar (ada banyak mindset yang keliru di industri bisnis online/internet marketing) karena kebetulan itulah yang saya mengerti dan kuasai dengan baik.

Sehingga akhirnya saya sering dikenal sebagai  salah satu pendiri BBI atau BelajarBisnisInternet.com walaupun sebenarnya saya punya beberapa bisnis lain, tapi yang paling dikenal adalah BBI ini.

Foto Buku BBI Bestseller di TB Gramedia

Foto Buku BBI Bestseller di TB Gramedia

Saya memulai BelajarBisnisInternet.com bersama seorang teman & partner yaitu Hianoto dengan membuat pembelajaran selama 29 hari dimana tiap hari kami mengirimkan 1 file PDF. Total dari pembelajaran 29 hari itu lebih dari 420 halaman A4 dan itu kami bagikan secara gratis he..he..

Banyak kisah kesuksesan dan ucapan terimakasih yang kami dapatkan saat itu sehingga akhirnya materi pembelajaran 29 hari itu diterbitkan sebagai buku fisik oleh Gramedia dan berhasil jadi best seller dan dicetak-ulang berulang kali.

Ada beberapa online course, training dan workshop yang saya dan partner buat di BelajarBisnisInternet.com sehingga hingga saat ini, kami bersyukur banget telah memiliki lebih dari 3000 alumni yang tersebar di seluruh Indonesia dan 11 negara seperti dari Singapore, Malaysia, Jepang, Jerman, USA, Australia, Mesir, Arab Saudi, Korea Selatan dan beberapa negara lainnya.

Sejak itu sampai sekarang, testimoni dan kisah sukses terus masuk dari para alumni peserta course ataupun live training. Banyak yang mengucapkan terimakasih karena merasa dapat pembelajaran yang sangat bermanfaat, banyak yang sharing tentang perubahan yang terjadi dalam hidupnya sehingga bisa meraih impian-impian mereka.

Ada banyak yang bisa pensiun dini setelah puluhan tahun bekerja di perusahaan. Ada banyak pula yang akhirnya bisa bekerja dari rumah sehingga punya waktu lebih banyak dengan keluarga. Ada yang bisa beli mobil setelah seumur hidup hanya naik sepeda motor dan masih banyak cerita lainnya. Feedback-feedback seperti ini terus terang sangat berharga bagi saya pribadi.

Tidak ada kebahagian yang lebih besar bagi seorang guru atau mentor, saat mengetahui bahwa apa yang diajarkan merubah kehidupan banyak orang.

Oleh sebab itu, saya yakin bahwa saya telah menemukan posisi saya dalam kehidupan ini yaitu menjadi seorang guru atau mentor. Saya berjanji pada diri saya sendiri bahwa hingga waktu saya di dunia ini berakhir, saya akan terus menjadi seorang guru atau mentor yang akan secara konsisten sharing ilmu dan pengalaman yang dimiliki sehingga memberikan manfaat kepada banyak orang.

 

Tujuan Website dan Topik yang Dibahas

Nah salah satu cara lain bagi saya untuk bisa sharing ilmu, knowledge dan pengalaman yang saya miliki adalah dengan membuat website Sukarto.com ini dimana saya sharing pembelajaran dan pengalaman saya yang saya yakin bisa bermanfaat bagi Anda.

Saya mengisi website ini dalam bentuk artikel, audio atau video di topik-topik seperti:

  • Inspiration atau Inspirasi
  • Mindset atau Cara Berpikir
  • Productivity atau Produktifitas
  • Habits atau Kebiasaan
  • Financial IQ atau Kecerdasan Finansial
  • Meaningful Work atau Memiliki Kerja yang Bermakna
  • Happiness atau Kebahagiaan
  • Dan topik-topik pengembangan diri lainnya.

Semua topik-topik diatas adalah hal-hal yang menarik bagi saya sejak saya mulai berkenalan dengan materi pengembangan diri lebih dari 20 tahun yang lalu.  Yang pasti di website ini saya tidak membahas tentang bisnis online atau internet marketing karena  tempatnya untuk itu sudah saya khususkan di BelajarBisnisInternet.com.

Saat Anda ingin diberitahu via email tentang update terbaru berupa artikel, audio atau video yang saya publish di website Sukarto.com ini, silakan gabung di FREE Newsletter berikut ini.

Tujuan penting lainnya kenapa saya membuat Sukarto.com ini, selain untuk sharing atau berbagi ke orang banyak adalah saya ingin memberikan sebuah warisan berupa dokumentasi pembelajaran yang dapat dibaca oleh anak saya saat dia dewasa nanti. Saya ingin anak saya  bisa mengenal lebih jauh siapa orangtuanya dari tulisan-tulisan yang saya buat di website ini.

Siapa orangtua yang tidak ingin anaknya mengenal lebih dekat orangtuanya?

Saya ingin anak saya mengerti cara berpikir, apa yang sebenarnya dilakukan orangtuanya dan apa visi serta misi hidup orangtuanya. Saya juga ingin anak saya tahu keberhasilan dan kegagalan yang pernah kami alami dan pelajaran apa yang bisa diambil dari itu.

Sehingga anak saya bisa mengenang saya nantinya bukan sekedar sebagai seorang ayah/papa, tetapi jauh lebih mendalam dari sekedar itu.

Memang sekarang pun, saya juga sudah sering meluangkan waktu ngobrol dan bercerita kepada anak saya, tetapi ada masanya anak mungkin akan lupa saat diceritakan (ya masih kecil biasa hal yang menarik adalah seputar game, sekolah, teman dll).

Dengan menuliskannya dalam sebuah website seperti ini memberikan kepastian bahwa apa yang ingin saya ajarkan dan sharingkan kepada anak saya bisa tercatat dan dapat dengan mudah dibaca.

Selain itu, saya berharap juga bisa memberikan inspirasi dan pembelajaran kepada anak saya sehingga bisa meraih kehidupan yang sukses, bermakna dan bahagia. Siapa orangtua yang tidak menginginkan hal tersebut terjadi pada anaknya?

Ok itulah kira-kira tujuan dibuatnya website Sukarto.com ini, semoga tujuan yang dicita-citakan yaitu memberikan banyak manfaat buat kehidupan Anda, keluarga dan banyak orang, bisa terwujud.

Misi Hidup Saya

Misi hidup? Makanan apapula itu? he..he..

life's purposeSaya tidak ingin dianggap sebagai orang yang idealis dan mengada-ngada, tetapi saya pikir adalah sangat penting bagi seseorang untuk mempunyai misi atau tujuan dalam kehidupannya.

Ketika saya masih berumur 20-an dan bergabung dalam sebuah bisnis MLM, saya membaca banyak sekali buku dan mendengar ratusan kaset (ya dulu cuma ada kaset, CD pun masih baru populer :) ) di bidang pengembangan diri.

Saya memperhatikan sesuatu yang sama disana, bahwa semua orang sukses dan hebat tersebut mempunyai misi atau tujuan dalam hidupnya sehingga mereka mempunyai arah yang jelas dan siap melakukan apa saja untuk mencapainya.

Nah, saya sangat bersyukur, selama beberapa tahun terakhir saya berkesempatan berbagi ilmu, pengalaman dan hal-hal yang telah saya pelajari ke banyak orang, terutama di bidang bisnis online dan internet marketing serta juga banyak tentang mindset/pola pikir.

Dengan melakukan  hal tersebut, saya jadi menerima banyak sekali testimoni, sharing dan ucapan terimakasih dari banyak alumni yang mengalami perubahan positif dalam hidup mereka. Mereka berterima-kasih karena kesuksesan dan perubahan positif berhasil mereka raih dari menerapkan apa yang saya dan rekan sharingkan.

Hal ini benar-benar sebuah Life Changing Experience buat saya pribadi. Hal ini memberikan sebuah kegembiraan, kebahagiaan dan kebanggaan.

Sehingga saat saya duduk dan berpikir untuk menuliskan misi dan tujuan hidup saya, inilah yang muncul dalam pikiran saya, bahwa misi atau tujuan kehidupan saya adalah :

To Inspire and Guide People to Living a Successful, Meaningful and Happy Life

Menginspirasi dan membimbing banyak orang untuk menjalani kehidupan yang sukses, bermakna dan bahagia.

Tiap kali saya membaca, saya bisa merasakan energi di dalam tubuh saya. Saya menyakini dan sangat jelas bahwa memang itulah yang ingin saya lakukan hingga waktu saya di dunia ini berakhir. Menjalani misi tersebut jelas akan membuat saya merasa hidup saya menjadi bermakna, bahagia dan tidak sia-sia.

Perjalanan keliling dunia, memiliki mainan yang hebat seperti mobil sport, rumah yang besar, jam tangan rolex adalah merupakan hal yang menarik untuk dilakukan dan dimiliki. Saya masih menginginkan beberapa mainan-mainan tersebut (terutama yang berhubungan dengan travelling dan keliling dunia he..he..) tetapi saya juga menyadari bahwa semua itu tidak kekal atau bermanfaat untuk jangka yang panjang dan yang pasti juga tidak akan bisa kita bawa pergi dari dunia ini.

Tetapi saat Anda melakukan sesuatu untuk orang lain sehingga memberikan dampak positif pada kehidupan mereka, manfaat ini memberikan dampak jangka panjang bagi kehidupan dia dan keluarganya. Itulah definisi saya untuk True Success!

Nah… Saya rasa saya sudah bercerita banyak tentang diri saya sehingga seperti yang saya ungkapkan di awal, setelah saya memperkenalkan diri, giliran Anda yang memperkenalkan diri sehingga “Lebih Kenal Lebih Sayang” katanya :)

Jika berkenan, silakan ceritakan nama Anda, apa background Anda dan kenal saya dari mana? Sehingga suatu saat jika berjodoh untuk bertemu, tolong sapa saya dan ingatkan saya bahwa kita sudah sempat berkenalan lewat website Sukarto.com ini, saya akan senang sekali bertemu langsung dengan pembaca blog saya.

Saat Anda ingin diberitahu via email tentang update terbaru berupa artikel, audio atau video yang saya publish di website Sukarto.com ini, silakan gabung di FREE Newsletter berikut ini.

Salam Sukses dan Bahagia buat Anda dan Sekeluarga,

Sukarto Sudjono

 

Silakan Perkenalkan Diri atau Beri Komentar Anda tentang Sukarto

Jika belum pernah berteman, tolong beritahu siapa nama Anda, apa background Anda dan tahu saya dari mana.

Jika Anda sudah mengenal saya dengan baik, boleh dong beri komentar jujur tentang saya karena ini akan membantu saya untuk mendapatkan feedback untuk lebih meningkatkan diri saya :) Thanks sebelumnya.

  • Riki Yohanes

    Pak Sukarto adalah sosok seorang mentor yang sangat berjasa dalam perjalanan karir saya di dunia online.

    Di blog ini saya secara personal ingin mengucapkan banyak terima kasih kepada bapak yang telah memberikan banyak pembelajaran, kesempatan, arahan kepada saya selama bertekun di dunia online, dan saya ucapkan selamat atas launchingnya sukarto.com v2 ya pak.

    Thanks a lot & really appreciate it! :)

    • http://belajarbisnisinternet.com/ Sukarto Sudjono

      Hai @riki_yohanes:disqus sorry baru lihat ada commentnya, thank you sudah mampir dan leave a nice comment :) Appreciate it.
      Salah satu yang saya syukuri dalam perjalanan beberapa tahun terakhir adalah bisa bertemu, berkenalan dan akhirnya bersahabat dengan banyak alumni sukses dan hebat seperti Riki.

      Saya salut juga dengan perjuangan dan kegigihan Riki di bisnis online. Sekali lagi terimakasih telah mengijinkan saya menjadi mentor Riki all this years. Saya juga ingin belajar banyak dari Riki utk tahun-tahun ke depan.

      All the best and Success for you….

      PS: Jangan lupa segera dapatkan jodoh ya… he..he..

  • yosef

    halo sukarto,selamat ya atas blog nya..semoga dapat menginspirasi lebih banyak orang,khususnya saya.. :),sebab sampai saat ini saya masih coding sendiri,dan saya mulai merasa agak berat di prorammer ini … ,mungkin sukarto bisa memberi masukan ,apakah saya harus mencari tim atau saya mencari usaha baru yang tentunya masih berkutat dengan teknologi informasi ini… ,terima kasih

    • http://belajarbisnisinternet.com/ Sukarto Sudjono

      Halo Yosef, wah biasanya ketemunya offline, kali ini ketemunya di online nih :)

      Thank you atas ucapan selamatnya, ya dengan dukungan banyak orang, saya harapkan blog ini bisa lebih bermanfaat ke depannya.

      Untuk pekerjaan, ya karena sedikit banyak saya pernah kerja dan terjun di bidang software development, kalau boleh jujur, menurut saya pekerjaan jasa custom programming seperti itu berat untuk dibuat jadi besar. Apalagi kalau mengandalkan diri kita sendiri yang melakukannya.

      Jasa custom susah dikembangkan karena permintaan orang berbeda-beda, tiap orang mintanya berbeda, ya kalau jasa nya bisa di charge mahal, kalau tidak wah namanya kerja bakti.

      Menurut saya, Yosef harus lebih banyak menjual sesuatu yang sudah standard. Baik itu produk ataupun jasa, asal standard. Bisnis yg menjual sesuatu yang standard lebih mudah dilipat-gandakan. Jadi gak pusing dgn development, fokusnya hanya bagaimana menjual lebih banyak.

      Sesuatu yg standard bisa didelegasikan dgn mudah, tapi kalau gak standard, maka susah juga utk di delegasikan.

      Yosef bisa jual produk/jasa sendiri, ataupun produk/jasa punya orang lain. Kalau masih mau di bidang IT, ya misal software sudah jadi milik sendiri atau punya orang lain, tidak ada custom. Kalau belum punya produk milik sendiri, jual lah produk orang lain yang bagus. Proses menjual lebih mudah, apalagi kalau produk yg bagus. Apalagi skrg banyak yg cloud based, bayarnya per bulan atau per tahun, jadi bisa dapat income rutin.

      Jadi coba lebih memposisikan diri seperti konsultan atau pemberi solusi, boleh hardware, boleh software, yang dibutuhkan apa oleh customer, coba penuhi. Yosef lebih bertindak sebagai kontraktor, barangnya carikan pihak ketiga yg bagus.

      Dengan cara seperti ini, customer yang loyal dgn Yosef, bisa terus kasi bisnis, kadang hardware, kadang software, kadang butuh apa. Jadi sumber income bisa beberapa.

      Atau kalau mau sekalian ke model bisnis yang lebih mudah lagi, jualan secara online :) Ya cuma memang harus ada proses pembelajarannya juga sih.

      Kira-kira begitu, sedikit pandangan, semoga bermanfaat.

      Wish you all the best ya :)

      • yosef

        terima kasih atas balasnnya Sukarto,saya jadi punya bahan pertimbangan untuk melangkah ke mana nantinya… wish you all the best too… :),mestinya juga buka jasa konsultasi nih…

        • http://belajarbisnisinternet.com/ Sukarto Sudjono

          ha..ha.. kalau buka jasa konsultasi profesional, ntar jadi gak bisa menikmati freedom lagi he..he..

  • yosef

    halo Sukarto,ga terasa sudah ya hampir satu bulan saya tulis komen di blog ini,saya ada infographic mengenai kesuksesan,semoga bermanfaat,semoga sukses selalu…

    • http://belajarbisnisinternet.com/ Sukarto Sudjono

      Wah keren nih infographic nya, thank you ya sudah share ke saya.

  • http://gradeshomecleaning.com/ Grades Home Cleaning

    dear pak sukarto,

    saya tandi herdiansyah seorang yang sangat tertarik dengan dunia internet marketing dan seo, saat ini saya resign dari pekerjaan saya sebagai executive housekeeper di hotel untuk dapat fokus di usaha home cleaning saya http://gradeshomecleaning.com/. saya pernah membeli dan membaca buku anda tapi yan membuat saya tertarik adalah materi anda mengenai toko online. saya berencana membuat toko online cuma saya masih blank soal ini kalau seo sih saya cukup jago karena web dan blog saya ada di hal depan google bahkan di hal2 beikutnya he3….tolong kasih saya saran…..terimakasih

    • http://belajarbisnisinternet.com/ Sukarto Sudjono

      Halo pak Tandi, Thank you sudah sharing dan memberikan komentar.
      Untuk materi toko online, ada banyak artikel yang sudah saya tulis di BelajarBisnisInternet.com.
      https://belajarbisnisinternet.com/tag/toko-online/

      Selain itu Anda juga bisa pelajari 3 video gratis yang saya berikan di MilyarderTokoOnline.com. Kalau ada pertanyaan, silakan tanya di masing2 artikel tsb. Itu saja saya kira yang bisa saya berikan saat ini.

      Sukses selalu!

  • Purwoko

    Halo Pak Sukarto
    Saya Purwoko seorang newbie, saat ini sedang berusaha untuk meraih dollar dari internet. Saya tahu tentang bapak lewat BBI, dan Bulan ini baru saja saya membeli course ASB HSC, moga dengan jalan ini bisa meraih kesuksesan yang saya impikan. Saya ingin sekali ketemu bapak dan ingin ikut workshop MTO, semoga tahun ini keinginan saya bisa tercapai. Mohon bimbingan dari bapak :) , terima kasih

    • http://belajarbisnisinternet.com/ Sukarto Sudjono

      Hi Salam Kenal,
      Salam Sukses selalu….. thx

  • Muhamad Hitami

    Hai Pak Sukarto
    Salam kenal dari saya Muhamad Hitami
    dari Batam, saya ingin sekali bertemu dengan bapak dan mendapatkan banyak pelajaran dan bimbingan tentang belajar bisnis online.