Indonesia Bootcamp 2008 di Jogjakarta

indonesia bootcamp 2008 JogjakartaSaya baru kembali dari Nasional Bootcamp di Jogjakarta tanggal 18-20 April 2008 kemarin. Saya diberitahu dan diajak hadir di workshop ini oleh Hianoto, teman dari Semarang yang ‘mirip’ mukanya dengan saya, tapi kita bukan saudara lho 🙂

Ini adalah event internet marketing saya yang pertama. Saya tidak berharap banyak dapat informasi baru dari segi materi karena yang diajarkan pasti banyak hal dasar tetapi tujuan utama saya adalah untuk berkenalan dan networking dengan Internet Marketer lain di Indonesia.

Saya belum banyak mengenal para pemain IM di Indonesia sebelumnya dan saya beruntung bisa bertemu dan mengenal lebih jauh beberapa pembicara di event tersebut seperti :

  • Kadek Sudarsana : pemilik dari sebuah perusahaan jasa persewaan villa di Bali. Beliau adalah leader di bidang tersebut sehingga sangat disegani di bidang bisnis persewaan villa di Bali. Pak Kadek menceritakan bagaimana dia bisa mendapatkan banyak sekali customer dari seluruh dunia dengan menggunakan search engine marketing, baik itu melalui SEO (Search Engine Optimization) ataupun melalui PPC (Pay Per Click). Pak Kadek sangat enak diajak ngobrol dan seorang yang kocak / lucu 😉 Cerita hidupnya sangat menarik, dari nol tidak punya apa-apa hingga mencapai sukses yang sekarang.
  • Riyeke Ustadiyanto : Komandan / penyelenggara dari Indonesia Bootcamp. Keahliannya adalah di bidang SEO (Search Engine Optimization) yang telah membantu banyak perusahaan UKM mendapatkan customer melalui search engine.
  • Nukman Luthfie : CEO dari PortalHR dan Virtual Consulting yang merupakan salah satu konsultan internet top di Indonesia. Mayoritas kliennya adalah perusahaan besar di Indonesia seperti Astra, BCA dan lain-lain. Dia dulunya turut membangun Detik.com hingga bisa menjadi portal berita terbesar di Indonesia saat ini. Presentasinya menarik dan kocak, yang menunjukkan jam terbang presentasi beliau yang sudah tinggi.
  • Wawan (nickname : pogung) : affiliate marketer yang tinggal di Jogjakarta sudah sangat berhasil. Punya background teknis dan programming dan sudah melakukan affiliate marketing sejak tahun 2000 dan Wawan juga sering menjuari SEO Contest di luar negeri. Dari presentasinya saya mendapatkan banyak tips dan informasi yang berguna untuk membangun bisnis affiliate marketing saya.
  • River Maya: seorang top internet marketer, yang katanya adalah contoh sukses dari Asian Brain Anne Ahira. Saya sempat duduk di sebelahnya dan ngobrol dengan River Maya ini.

Selain pembicara tersebut, saya juga mengenal internet marketer dari Jogjakarta, Bali, Semarang dan kota-kota lainnya. Ini adalah sesuatu yang menyenangkan karena umumnya internet marketer itu kerjanya cukup lonely karena seharian menghadapi komputer dan berkomunikasi hanya dengan chatting. Jadi ketemu internet marketer lain secara real life adalah sesuatu yang menarik 🙂

Saya percaya di setiap bisnis, kita perlu bertemu dan membangun hubungan yang baik dengan pelaku bisnis lainnya. Banyak orang berpikir, seorang internet marketer tidak membutuhkan orang lain. Itu pandangan yang sangat salah.

Internet marketer tetap membutuhkan orang lain untuk berkembang. Semua top internet marketer di dunia yang saya tahu, semuanya kenal, akrab dan bertemu secara rutin dengan internet marketer lainnya. Ini tidak saja akan membantu bisnis kita tetapi juga membuat bisnis ini menjadi sesuatu yang lebih menarik dan menyenangkan. Jadi sampai jumpa di event Internet Marketer lainnya

Sukarto Sudjono
 

I'm an Online Business Coach, Trainer and Blogger. I help people start and build an online business that match their passion and talent. By doing that, I fulfill my life's purpose: To Inspire and Guide People to Living a Successful, Meaningful and Happy Life. I write, share and publish my works thru these websites : BelajarBisnisInternet.com and Sukarto.com.